Makhluk Pertama Berbadan Setengah Flora Setengah Fauna

Diposkan oleh admin

"Dr. Venkatraman Ramakrishnan, pemenang nobel Kimia tahun 2009 tinggal di Cambridge, tidak memiliki mobil dan berkendara menggunakan sepedanya kemanapun dia pergi. Dr. Venki begitulah nama panggilan akrabnya, baru-baru ini telah diwawancarai anggota Ridecycle dan Bangalore Bikers Club. Berikut cuplikan wawancaranya:



Mengapa anda lebih suka bersepeda?

Saya bersepeda ada beberapa alasan, yang pertama adalah bahwa saya menikmati bersepeda. Ini adalah modus transportasi yang sangat bagus. Tidak mencemari lingkungan!. Mesku saya tidak berlari dan latihan mengangkat beban, saya mempunyai olahraga dalam bentuk berbeda yaitu bersepeda setiap hari. Ketika anda mulai bekerja, anda harus tetap terjaga, waspada, dan siap bekerja kapan saja. Ketika anda selesai bekerja pada sore hari maka dengan bersepeda akan mengurangi stress dan membuat anda santai, maka dari itu saya pikir inilah gaya hidup yang bagus.

Apa yang anda katakan kepada orang-orang yang mengatakan bahwa besepeda adalah lambat dan membuang waktu?

Itu adalah alasan yang sama sekali tidak benar. Itulah alasan orang-orang yang tidak ingin/enggan bersepeda dan apapun kegiatannya pasti alasannya akan sama karena mereka dari awal sudah tidak ingin melakukannya. Di Cambridge, ketika saya pergi makan malam dengan teman-teman, saya biasanya sudah berada di restoran sebelum tamu-tamu undangan makan malam tiba dan jaraknya lebih dari 5 km jadi dengan begitu saya lebih cepat dengan menggunakan sepeda.



Seberapa pentingkah menjadi orang tua bersepeda?

Orang dewasa sebagai panutan sangat penting bagi anak-anak. Seorang anak tumbuh dan melihat orang tuanya bersepeda, maka dia akan menirunya. Jika mereka (anak-anak) hanya melihat contoh transportasi bermotor maka mereka juga menginginkannya.

Jika anda tidak punya sebuah mobil, bagaimana anda membawa barang belanjaan?

Kami (Dr. Venki dan istrinya Vera Rosenberry, seorang penulis dan ilustrator buku anak-anak) memasang pannier (tas/keranjang beban) pada tiap sisi sepeda, dimana kami dapat menyimpan/memasukkan barang belanjaan kami. Sebenarnya, bersepeda untuk pergi berbelanja adalah sangat baik bagi finansial Anda. Dengan mobil, akan membeli banyak barang dan tidak khawatir susah untuk membawanya dan cenderung akan memenuhi kapasitas ruang mobil secara maksimal sedangkan denga sepeda, Anda akan dipaksa untuk menentukan barang yang paling dibutuhkan saja karena kapasitas bawaan yang kecil.

Konon, Einstein menemukan teori relativitas ketika dia sedang bersepeda. Bagaimana dengan anda?

Bersepeda membuat pikiran menjadi lebih rileks sehingga dimungkinkan untuk memikirkan salah sartu dari berbagai permasalahan dan menemukan solusinya. Demikian kutipan wawancara dengan Dr. Venki. Jika dia tidak punya mobil bukan berarti dia tidak mampu membelinya karena bagi seorang ilmuan di negara Eropa apalagi meraih Nobel tidak mungkin digaji rendah, tidak digaji pun pasti ada donasi atau royalti dari penemuan-penemuan yang telah dilakukan.

Search

Memuat...