Wisata Makam Gus Dur 145 Milyar

Diposkan oleh admin

Gus Dur
Gus Dur

Jakarta - Rencana Pemkab Jombang yang akan menggelontorkan dana sebesar Rp 145 miliar untuk membangun wisata ziarah makam Gus Dur dinilai luar biasa mewah. Jangan sampai pembangunan makam itu melukai nilai-nilai yang diajarkan Gus Dur.

'Saya kira Rp 145 miliar itu luar biasa mewah. Kalau merenovasi rumah, sudah berapa ribu rumah,' ujar peneliti hukum dan politik anggaran dari Indonesia Budget Center La Ode Salama ketika berbincang dengan detikcom, Rabu (24/2/2010).

Menurutnya, jika benar anggaran yang akan digelontorkan sebesar itu, maka yang perlu diawasi adalah tendernya. Jika akan diproyekkan, maka tender harus terbuka. Jika pembangunan ini diswakaryakan kepada pihak Pesantren Tebu Ireng, maka harus dilakukan sesuai dengan prinsip keuangan negara, dengan pengawasan dan laporan yang jelas.

'Pada prinsipnya bagaimana memanfaatkan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya. Harus akuntabel. Kalau dibuatkan makam yang mewah saya kira tidak sesuai dengan semangat Gus Dur dalam membangun nilai pluralisme, keadilan dan kesederhanaan, terutama dalam hal anggaran,' jelas Roy, panggilan akrab La Ode Salama.

Roy pun meyakini, Gus Dur tak menginginkan makamnya mewah, namun bisa didatangi semua orang, tanpa memandang golongan dan SARA.

'Jangan sampai melukai rasa keadilan publik dan nilai-nilai yang diajarkan Gus Dur,' tegasnya lagi.

sumber : detik

Pendapat TS :
Ngapain duit segitu banyak cuma buat makam, mending buat orang - orang miskin, anak terlantar, buat dana jaminan kesehatan, buat fasilitas sosial. Negri ini memang aneh ......



Sumber dari http://kask.us

Search

Memuat...