Piring Kuno Seharga Rp 1,4 Miliar

Diposkan oleh admin

Pernahkah Anda membayangkan memegang sebuah piring seharga Rp 1,4 miliar? Kalau belum, mungkin Anda tertarik melihat yang satu ini.

Seorang nenek di Inggris baru-baru ini menunjukkan sebuah piring kuno miliknya saat seorang presenter acara TV bertajuk 'Antiques Roadshow' menggelar acara di dekat rumahnya.


Wanita lanjut usia bernama Wendy Jones itu menyerahkan sebuah piring yang ia ambil dari sebuah bufet. Dan, betapa terkejutnya dia setelah tim penaksir memberikan harga 100.000 poundsterling atau sekitar Rp 1,4 miliar untuk benda itu.

Sebenarnya kehadiran Jones dalam roadshow di dekat rumahnya di Aberglasney, Wales, untuk mendampingi suaminya yang ingin mencari beberapa buku berharga. Kebetulan, karena lama, dia mengambil sebuah piring berukuran sekitar 22 inci dan membawanya dalam sebuah tas Tesco. Ternyata piring itu begitu berharga.

Pakar penilai, John Axford, mengatakan, piring berbentuk oval itu dibentuk pada abad ke-18 oleh perusahaan India Timur Prusia untuk Frederick II. Dibuat antara tahun 1750 dan 1755 dari pasta keras porselen dan dihiasi dengan gambar keluarga Hohenzollern, elang hitam, dan Maltese Cross.

Dia kemudian menyampaikan penilaian sebesar 100.000 poundsterling untuk sebuah piring yang berasal dari anak Jones itu.

'Dia tidak memiliki ruang untuk piring itu di rumahnya di London sehingga diletakkan di rumahku. Jadi, selama bertahun-tahun piring itu berada di atas bufet yang reyot,' kata Jones.

'Aku mengharapkan anakku akan menjualnya saat ia memiliki keluarga nanti.'

Apa yang terjadi pada Ny Jones memang hanya kebetulan. 'Aku pergi karena suami saya ingin mengambil beberapa buku,' katanya. 'Aku meraih piring dan meletakkannya di satu tas Tesco karena mudah pecah.'

'Kami tidak tahu asal piring itu, tidak ada dari keluarga kami yang menikah dengan keluarga Jerman. Sementara piring itu dibuat untuk Raja Prusia. Jadi, bagaimana mungkin itu berakhir di keluarga kami.'

Axford, seorang ahli dari rumah lelang Wallis Woolley, sebelumnya juga menaksir harga sebuah piring sup senilai 31.000 poundsterling (Rp 450 juta). 'Ini adalah hal-hal yang paling berharga sejauh yang saya lihat di acara roadshow ini.'

Search

Memuat...