10 Peristiwa Terbesar di Dunia Internet

Diposkan oleh admin


Internet telah mengubah banyak hal. Penghargaan bernama Webby Awards, coba mengelompokkan 10 peristiwa di dunia internet yang paling dahsyat dalam 1 dekade terakhir.

Popularitas Craiglist sampai kelahiran Facebook masuk di dalamnya. Daftar ini termasuk momen yang memang sudah terasa dampak besarnya sejak awal atau even biasa saja, namun terbukti amat berpengaruh di kemudian hari.

Sepuluh momen yang ada tidak dirangking melainkan dianggap sama pentingnya. “Seberapa pentingnya itu tergantung siapa Anda dan tertarik pada apa,” ucap David-Michel Davies, Executive Director Webby Awards.

Dikutil dari CNN, Kamis (19/11/2009), berikut 10 momen terpenting di dunia internet versi Webby Awards menurut waktu terjadinya:

Tahun 2000: Situs iklan Craigslits berekspansi dari basisnya di San Francisco. Popularitasnya meledak dan dinilai sebagai contoh peralihan iklan koran ke online.

Tahun 2000: Peluncuran layanan Google AdWords. Layanan ini dinilai membuat para pengiklan online lebih baik dalam menarget konsumen yang diinginkan.

Tahun 2001: Peluncuran Wikipedia, yang dipuji sebagai permulaan proyek kolaborasi online dunia. Saat ini, Wikipedia telah memiliki lebih dari 14 juta artikel.

Tahun 2001: Napster ditutup. Penutupan situs file sharing ini dinilai memicu pertumbuhan situs musik legal seperti Hulu atau iTunes.

Tahun 2004: Penawaran awal saham Google ke publik. Langkah ini dinilai sebagai awal Google menjadi raksasa internet berpengaruh saat ini.

Tahun 2006: Revolusi video online yang dipicu YouTube. Bandwidth yang lebih cepat, kamera video yang murah, memicu ledakan video online.

Tahun 2006: Facebook dibuka ke publik luar kampus dan awal Twitter lahir. Revolusi jejaring sosial online dipicu oleh dua situs ini.

Tahun 2007: Debut smartphone iPhone. Ponsel Apple ini memicu popularitas aplikasi ponsel via internet yang sekarang seakan jadi barang wajib.

Tahun 2008: Dominasi internet di pilpres Amerika Serikat. Belum pernah terjadi sebelumnya pertarungan capres sangat dipengaruhi aktivitas di dunia maya.

Tahun 2009: Protes pemilu Iran via internet, utamanya Twitter. Dengan pemblokiran akses wartawan, Twitter jadi andalan menyebar berita mengenai Iran saat itu.

sumber: detik.com

Search

Memuat...