Karya Picasso Seharga Rp.189 M

Diposkan oleh admin

Seorang kolektor lukisan yang menjadi salah satu korban ulah broker Wall Street Bernard Madoff akan melelang koleksinya. Tak main-main, satu lukisan yang akan dilegonya di balai lelang Christie Internasional di New York adalah karya Pablo Picasso.

Jerome Fisher, salah satu pendiri perusahaan sepatu Nine West Group, yang tidak disebutkan tempatnya, mengatakan bahwa lukisan yang diberi judul “Mousquitaire a la pipe” setidaknya mempuyai nilai antara US$12 juta – US$18 juta atau antara Rp 126,3 miliar – Rp 189,4 miliar. Dalam katalog lelang, lukisan ini adalah salah satu karya seni paling penting yang akan dijual.

picasso

Fisher membeli lukisan bergambar seorang ksatria “Musketeer” yang sedang memegang pipa rokok di Christie New York pada November 2004 dengan harga US$ 7,2 juta. Fisher sendiri masuk dalam daftar setebal 162 halaman dari klien –korban-- Madoff.

Dari sejarahnya, Picaso menggunakan gaya ksatria ini karena terinspirasi oleh novelis Prancis Alexandre Duma, yang berjudul “The Three Musketeers.


Search

Memuat...