4 Bangunan dengan struktur unik di Beijing

Diposkan oleh admin


Menurut sumber yang didapat, Untuk pembangunan Beijing National Stadium yang disebut-sebut dengan nama “Bird’s Nest” ini memakan biaya hingga 3.5 Milliar Yuan. Stadium dengan tinggi 330 meter, lebar 220 meter, dan tinggi 69.2 meter ini mampu menampung hingga 100 ribu penonton.





Sedangkan untuk China’s National Swim Center yang dibangun disebelah Beijing National Stadium memiliki bentuk yang cukup simple yaitu kotak dengan corak gelembung pada struktur bangunannya. Konsepnya adalah menggabungkan antara symbol kotak dalam kebudayaan Cina dengan bentuk dari gelembung-gelumbung sabun yang kemudian diterapkan pada bangunan ini. Jadilah pusat renang yang terlihat mencerminkan dari sifat air sendiri yang berwarna biru dan bergelembung. Dindingnya terbuat dari Teflon khusus, ETFE, yang mana memberikan sedikit efek transparan pada bangunan ini. Selain itu fungsi dari ETFE ini dapat menyerap panas matahari yang dapat menghangatkan air kolam renang pada musim dingin, sedangkan pada musim panas, ETFE ini akan memamtulkan panas keluar. Ehm, kira-kira kapan ya negara kita punya bangunan seperti ini .







Selain 2 bangunan diatas, ada 2 bangunan unik lagi guna mendukung Olympic 2008, yaitu gedung pusat CCTV (China Central Television) dan National Grand Theater.

Gedung baru CCTV yang mulai dibangun sejak tahun 2004 ini lebih unik dari 2 bangunan di atas, Karena bentuknya menyerupai huruf ‘Z’ jika dilihat dari samping, dan jika dilihat dari depan terlihat seperti dua huruf ‘L’ yang menyatu di atasnya. Selain untuk keperluan CCTV, bangunan ini terdapat Hotel, Fasilitas Umum ( termasuk 1500 tempat duduk untuk teater ), serta memiliki tempat parkir seluas 20.000 m2.





Sedangkan untuk National Grand Theater ini memiliki bentuk telur yang tenggelam separu ke dalam air, bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Karena bangunan ini akan dikelilingi oleh air, maka tidak terdapat pintu masuk pada sekeliling gedung. Nah, jadi pintunya dimana ya ? . Ternyata pintunya dibuat dibawah air . Jadi jika pengunjung ingin memasuki teater, mereka akan melewati terowongan bawah air.




Search

Memuat...