Tes Narkoba Kini Semudah Tes Kehamilan

Diposkan oleh admin

img

Selama ini tes narkoba harus dilakukan dengan prosedur rumit di laboratorium. Kini orangtua yang khawatir anaknya menggunakan narkoba bisa melakukannya sendiri di rumah dengan dan mendapatkan hasilnya dalam waktu 5 menit saja.

Sebuah alat bernama The Vantix Sensor dikembangkan oleh ilmuwan Inggris untuk membuat tes narkoba menjadi sangat praktis. Caranya cukup dengan mengusapkan di lidah, untuk mendapatkan sampel air liur seseorang yang dicurigai.

Sensor berukuran 5 mm yang berada di ujung alat sekali pakai ini akan segera mendeteksi obat terlarang. Sensor tersebut berisi antibodi yang akan bereaksi saat menemukan unsur kimia tertentu misalnya tetrahydrocannabinol (THC) pada ganja.
Reaksi tersebut akan menghasilkan air listrik yang dialirkan ke bagian utama Vantix Sensor. Saat kadar unsur kimia tersebut melewati batas tertentu, arus listrik akan menyebabkan lampu indikator berkedip.

Selain bisa digunakan oleh orangtua, alat sebesar test pack ini juga bisa digunakan oleh polisi lalu lintas. Hasilnya diklaim sangat akurat dan bisa dibaca dalam waktu 5 menit saja.

Selama ini polisi Inggris hanya menggunakan prosedur sederhana untuk membuktikan pengendara yang dicurigai menggunakan obat terlarang sehingga hasilnya kurang akurat. Di antaranya dengan memeriksa pupil mata, keseimbangan dan koordinasi gerak.

Sedangkan di sekolah, biasanya guru atau orangtua harus mengirimkan sampel urine para siswa ke laboratorium. Itupun masih harus menunggu paling tidak hingga hari berikutnya untuk bisa mengetahui hasilnya.

Sayangnya Vantix Sensor belum dijual dalam waktu dekat ini. Dikutip dari Dailymail, Kamis (23/9/2010), alat ini baru akan dipasarkan 2 tahun mendatang dengan harga sangat terjangkau yakni 1,50 poundsterling atau sekitar Rp 21 ribu.


sumber: INFORMASI DAN PENGETAHUAN UMUM

Search

Memuat...