Svalbard Global Seed Vault

Diposkan oleh admin

Ternyata dia adalah tempat penyimpanan benih-benih dari seluruh dunia, yang katanya persiapan menghadapi kemungkinan terburuk dari pemanasan global (hope for the best, prepare for the worst). Naga-naganya bersiap siap kalo peristiwa Nabi Nuh terjadi kembali.



Svalbard adalah sebuah tempat di Norwegia. Ruang penyimpanan ini terletak di dalam sebuah gunung, dengan ruangan anti air, anti panas, dan anti=anti lainnya. Katanya, semua benih yang disimpan di sini bisa tahan sampai beribu-ribu tahun.



Benih pertama yang dimasukkan adalah benih beras dari 140 negara, diikuti benih-benih lainnya. Dalam acara yang saya tonton, ada orang Afrika, penerima nobel yang memberikan sambutan baik karena Afrika sudah kehilangan banyak benih dalam 100 tahun terakhir akibat ketidakmampuan menjaga benih-benih tersebut.



Ruangan ini dibangun sepenuhnya dari biaya pemerintah Norwegia. Tetapi untuk operasional ternyata dibantu juga oleh beberapa lembaga non profit seperti lembaga milik Bill Gates. Beberapa negara maju juga ikut menyumbang, bahkan negara berkembangpun ada yang ikut menyumbangkan dana.



Wah, melihat berita seperti ini saya terkagum-kagum kepada orang-orang yang berfikir ke depan. Tidak cuma reaktif, tapi proaktif menciptakan sendiri masa depan mereka, atau setidaknya mempersiapkan diri. Bagaimana dengan di Indonesia? Mudah-mudahan ngga berhenti di pemilu dan bom saja ya.
















sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3647277

Search

Memuat...