Mobil Anti Banjir

Diposkan oleh admin

Aquada adalah kendaraan yang dikembangkan oleh Gibbs Technologies ini menggunakan teknologi HSA atau High Speed Amphibian yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 yang lalu di Inggris. Gibbs Technologies berencana menjual lisensi teknologi HSA ini kepada pabrikan otomotif ternama di dunia.

Aquada mampu menembus kecepatan 160km/jam di daratan dan 50km/jam saat berada di atas air. Daripada menambahkan roda di sebauh perahu atau menciptakan mobil yang bisa mengapung, Gibbs Technologies justru mendesain Aquada yang cocok baik untuk di darat maupun di air.

Gibbs mengatakan bahwa kendaraan ini dapat dikendarai langsung menuju ke air dari daratan. “Hanya butuh sekitar lima detik agar roda-roda mobil masuk ke dalam dan kemudian tenaga mobil ini berpindah dari mesin empat silinder yang berkekuatan 175 tenaga kuda ke mesin jet propulsi. Sistem kami juga cocok diterapkan di kali Ciliwung yang sungainya penuh dengan sampah. Percayalah, mobil ini sangat cocok untuk kondisi Jakarta,” papar Gibbs tentang mobil ampibi seharga US$200,000 ini.




KENAPA BERNAMA AQUADA??

“Sejak awal kami memang merancang Aquada ini khusus untuk Indonesia yg selalu terkena banjir. Nama Aquada itu sendiri memang berasal dari gabungan dua kata, yaitu AQUA (yang berarti air) dan DARAT (yang berarti bahwa kendaraan ini pun bisa berlari di DARATAN),” kata Gibbs sambil tersenyum setengah berkelakar.










Search

Memuat...