Buzz Lightyear yang Pertama Kali Injak Kakin...

Diposkan oleh admin

MEMRIHATINKAN. Demikian kata yang tepat diberikan kepada anak-anak di dunia saat ini. Anak-anak lebih tahu tentang selebriti ketimbang sejarah atau sains.


Hal ini diperlihatkan oleh sebuah survey dilakukan pada 2.000 anak sekolah di Inggris. Hasilnya survey itu menunjukkan anak-anak tidak tahu fakta-fakta sejarah atau sains. Otak mereka hanya dijejali informasi soal selebritis dan hal yang kecil.


Salah satu hasil survey menyebutkan, satu dari lima anak percaya bahwa tokoh kartun Toy Story, Buzz Lightyear, adalah manusia pertama yang menjejakkan kakinya ke Bulan. Bukan astronot Neil Amstrong.

Sejumlah hasil survey :
* Tidak tahu jika Alexander Graham

adalah seorang penemu telepon

* Isaac Newton adalah penemu api

* Alberth Einstein adalah

saudara monster Frankenstein

* Christopher Columbus penemu

sedot lemak

* Rolf Harris pelukis Monalisa

* Foto Obama disebut sebagai

pembalap F1 Lewis Hamilton

* Malaria adalah penyakitnya

Cheryl Cole

* Buz Lightyear (Tokoh kartun Toy

Story) adalah mansia pertama yang

menginjakkan kaki ke Bulan
Namun, dua pertiga anak berusia 6-12 tahun itu dengan benar mengidentifikasikan malaria sebagai 'penyakitnya Cheryl Cole'. Mereka juga tahu bahwa David Beckham adalah pemain bola yang baru saja didrop oleh pelatih Fabio, Capello.


Penulis buku 'What on Earth Wallbook', Christopher Lloyd, prihatin akan kondisi anak-anak itu. 'Terlihat jelas anak-anak bingung jika ditanya soal sejarah,' katanya, di laman Telegraph, Jumat 8 Oktober 2010.


Menurutnya, anak muda sekarang hanya punya sedikit atau bahkan sama sekali tak punya gambaran konteks sejarah.


'Neil Amstrong tentunya tidak akan senang jika tahu bahwa mainan plastik dinobatkan jadi manusia pertama yang melangkahkan kaki di bulan.'


Survey juga menemukan sepertiga anak tidak tahu bahwa Alexander Graham Bell menemukan telepon.


Riset ini juga menemukan pengetahuan sains dan angkasa luar yang dimiliki anak-anak memprihatinkan. Sebanyak 11 persen anak pikir Isaac Newton adalah penemu api dan Albert Einstein adalah saudara monster, Frankenstein.


Sementara satu dari enam anak pikir Deathstar dalam Film Star Wars adalah planet terjauh dari Bumi.


Satu dari 20 anak berpikir tokoh besar Christopher Columbus penemu lipsuction atau sedot lemak, bukan Amerika. Sementara satu dari 10 percaya Rolf Harris adalah pelukis Mona Lisa.


Secara visual, tak kalah payahnya. Satu dari enam anak gagal mengidentifikasi foto Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Anak-anak mengira Obama sebagai Mr T dari A-Team atau pembalap F1, Lewis Hamilton. Bahkan ada yang menjawab, 'Itu foto Nelson Mandela.'

Neil Amstrong tentunya tidak akan senang jika tahu bahwa mainan plastik dinobatkan jadi manusia pertama yang melangkahkan kaki di bulan
Christopher Lloyd, penulis buku
Yang menakutkan mereka lebih paham dunia selebritis dan showbiz. Sebanyak 65 persen anak tahu persis Britney Spears pernah menggunduli rambutnya, dan 55 persen tahu bahwa model, Jordan menikah dua kali.


'Sangat mengkhawatirkan anak-anak sekarang lebih peduli dengan selebritis daripada figur-figur berpengaruh dan sejarah yang mengubah dunia.'


--
Sumber: INFORMASI DAN PENGETAHUAN UMUM


Search

Memuat...